Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 5 Ki Hajar Dewantara kali ini dikemas dengan cara yang berbeda. Melalui metode Joyful Learning, siswa diajak untuk lebih semangat memahami materi majas lewat sebuah permainan interaktif berjudul “Kursi Majas”.
Tujuan
Siswa mampu mengenali, memahami, dan mengelompokkan berbagai jenis majas dengan tepat.
Waktu
1 JP (35 menit).
Alur Permainan “Kursi Majas”
-
Guru mengingatkan kembali tiga jenis majas yang telah dipelajari sebelumnya: metafora, hiperbola, dan personifikasi. Guru juga menyiapkan 24 kalimat yang mengandung ketiga majas tersebut (jumlah kalimat disesuaikan dengan jumlah siswa).
-
Kursi di kelas ditata melingkar membentuk lingkaran besar.
-
Setiap kursi ditempeli kalimat berisi majas.
-
Siswa berjalan mengelilingi kursi sambil bernyanyi lagu nasional atau daerah untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Ketika lagu berhenti, mereka segera duduk di kursi yang didapat.
-
Siswa membaca kalimat di kursinya dan menyebutkan jenis majas yang terkandung.
-
Jika jawabannya benar → mendapat poin.
-
Jika salah → harus mencoba lagi di sesi berikutnya.
-
-
Siswa yang berhasil mengumpulkan 5 poin sesuai target dapat meninggalkan kelas lebih dulu. Sementara itu, yang belum mencapai target tetap bersemangat untuk mengejar poin.
Menurut Ustadzah Retno Elok Catursari, S.E, selaku wali kelas, metode ini membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain melatih pemahaman majas, kegiatan ini juga menumbuhkan keceriaan, sportivitas, dan semangat belajar bersama.